Batu Belimbing - Singkawang - Kalimantan barat



Jika berkunjung Singkawang 


Di sana kamu akan menemukan sebuah batu penuh misteri yang bernama Batu Belimbing. Sekilas namanya memang seperti nama buah, namun ternyata ini merupakan sebuah batu.

Wisata Batu Belimbing terletak sekitar 9 kilometer dari pusat kota Singkawang, tepatnya di daerah Namtet, gang Batu belimbing, Kelurahan Nyarumkop, Kecamatan Singkawang Timur. Lokasinya begitu sejuk dengan dikelilingi puluhan pohon yang menjulang tinggi.

Tahukah kamu traveler, batu ini dulunya diberi nama Batu Pulau karena bentuknya yang dianggap menyerupai sebuah pulau.

Tak hanya itu, batu ini juga sempat dijuluki Batu Bergantung karena batu ini seperti terapung di atas air. Kemudian batu ini diberi nama Batu Belimbing karena bentuknya yang segi-segi alias berlekuk-lekuk menyerupai buah belimbing.

Kononya, batu ini dulunya tidak sebesar saat ini, namun batu ini lama-kelamaan tumbuh semakin besar. Namun, hal itu belum jelas kebenarannya guys.

Namanya juga cerita sejarah yang belum dibuktikan kebenarannya. Batu Belimbing ini juga disebut-sebut sebagai meteor laingit yang jatuh di bumi. Ada yang mengatakan juga jika duluny apernah ada pitongan Batu Belimbing ini. Batu ini lama kelamaan juga tumbuh di samping induknya.

Meski belum jelas kebenarannya, namun batu ini memang sungguh menjadi fenomena alam yang unik. Secara ilmiah batu ini terbentuk karena adanya erosi dan pelapukan yang terjadi pada batu tersebut.





Comments

Popular posts from this blog

1 Hari di Palembang bisa wisata kemana saja ?

Liburan ke Pulau Mursala / Air Terjun Mursala - Sumatera Utara

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang di Bank